Rabu, 26 Maret 2014

I. Latar Belakang

     Usia anak remaja merupakan masa yang rawan, bukan anak-anak lagi dan juga bukan orang dewasa, dan mereka masih mencari jati diri. Masa inilah yang perlu juga manjadi perhatian kita. Sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah pada remaja pada masa mendatang yang akan menjadi generasi penerus bangsa pemerintah melalui departemen kesehatan menggalakkan program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR).

     Sejak tahun 2003, Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) yang ditujukan dan dapat dijangkau remaja, menyenangkan, menerima remaja dengan tangan terbuka, menghargai remaja, menjaga kerahasiaan, peka akan kebutuhan terkait dengan kesehatannya, serta efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan dan selera remaja diperkenalkan dan dijalankan di SMA Negeri 2 Cirebon.

     Pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR) dilayani di SMA Negeri 2 Cirebon. Di SMA Negeri 2 Cirebon, tersedia tenaga kesehatan yang peduli dan siap melayani semua kelompok usia remaja. Di sini remaja dilayani dengan sikap menyenangkan, dihargai dan diterima dengan tangan terbuka.

     Kegiatan PKPR di antaranya penyuluhan, pelayanan klinis maupun konseling oleh pelaksana program, serta melatih konselor sebaya. Konselor sebaya yang dimaksud adalah kader kesehatan yang telah diberi tambahan pelatihan interpersonal relationship dan konseling.

     PKPR dilaksanakan di lingkungan SMA Negeri 2 Cirebon dengan anggota yang dinamakan Kader Kesehatan Remaja yang berjumlah 120 orang siswa.

0 komentar:

Posting Komentar